PENYAKIT TURUNAN




Kebiasaan hidup mengarah kepada KENCING MANIS adalah, kebiasaan makan terlalu banyak karbohidrat, makan banyak manis-manis, makan berlebihan yang menyebabkan kegemukan, kurang gerak, sikap hidup kompetitif
-    Kebiasaan hidup yang mengarah kepada KANKER adalah stress, banyak makan makanan yang diawetkan, makan lemak berlebihan, merokok, terpapar obat nyamuk semprot yang mengandung organofosfat, MSG, pewarna buatan, lemak trans pada minyak jelantah ataupun minyak lain yang digunakan untuk menggoreng dengan panas sangat tinggi, kebiasaan minum alkohol, wadah makanan dari stirofoam, bahan pengawet, melamin, paparan sinar ultra violet yang berlebihan dll.
-    Kebiasaan hidup yang mengarah kepada penyakit TEKANAN DARAH TINGGI adalah kurang minum air, konsumsi garam berlebihan, stres tinggi, kebiasaan makan-minum yang bisa merusak ginjal, dll.
-    Kebiasaan hidup yang mengarah kepada penyakit JANTUNG KORONER adalah konsumsi lemak berlebihan, kurang gerak, merokok, stress, kegemukan, dll.
-    Kebiasaan yang mengarah kepada penyakit BATU GINJAL adalah kurang minum, kurang gerak, banyak makan jerohan, kurang makan sayur dan buah dll.
Maka agar kita mampu menyampaikan amanah yang diberikan Allah SWT yaitu membesarkan anak dengan baik, maka kita wajib mencontohkan pola hidup sehat kepada anak-anak kita, agar kelak menjadi generasi yang kuat .
Menanamkan pola hidup sehat hendaknya memperhatikan 5 faktor
-    Memberikan contoh pola makan-minum yang sehat dengan memperhatikan menu makan harian mereka . Orang tua hendaknya menanyakan apa yang kamu makan hari ini, lalu memberikan masukan atas makanan yang dimakan anak-anaknya .
-    Memberikan contoh dan sebisanya mengajak mereka berolah raga secara rutin, dan proporsional
-    Menyepakati dan mencontohkan disiplin jam tidur, sehingga mereka terbiasa tidur dalam jumlah yang mencukupi, serta pada waktu yang tepat .
-    Menyontohkan sikap hidup yang sehat, tentang kebersihan, kerapihan, kedisiplinan dalam menjaga kesehatan mereka .
-    Mengajarkan anak agar selalu berpikir kritis dalam menjaga kesehatannya .
Kebiasaan penting lainnya adalah menanamkan pemahaman komposisi dan cara makan yang menyehatkan:
-    komposisi makanan terdiri dari, 50% dari biji-bijian (beras, kacang, kedelai dll.), 30% dari sayuran dan buah, 20% dari hewani (usahakan ikan 2 kali seminggu daging ternak maksimal 2 kali seminggu) .
-    Hindari gorengan sebisa mungkin
-    Kunyahlah makanan sekurangnya 32 X untuk tiap suapan, untuk memberi kesempatan enzyme ludah/saliva bekerja mencerna makanan di mulut, sehingga kerja lambung tidak terlalu berat . Kebanyakan orang sakit lambung adalah karena tergesa-gesa menelan makanan .
-    Minum air 30 cc/kg bb/hari pada keadaan udara sejuk, jika panas dinaikkan kira-kira 20%
-    Olah raga teratur 3 kali seminggu @ 40 menit
-    Usahakan tidur 6,5 jam per hari
-    Menerapkan sikap hidup sabar – syukur – ikhlas, yang akan membantu menormalkan regulasi hormonal kita .
-    Pola pikir yang menyehatkan yaitu nasib kita bisa diubah oleh usaha kita sendiri dan adanya keyakinan bahwa sunnatullah dilangit dan dibumi ada dalam kendali Allah
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BAHAN AJAR GURU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger