Pengertian kecepatan akses internet


KOMPETENSI DASAR
-     Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses internet.

MATERI POKOK PEMBELAJARAN

A. Pengertian kecepatan akses internet

Di post yang lalu telah saya buat tentang faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet. Sekarang saya akan membahas mengenai pengertian kecepatan akses internet. 

Perlu brother ketahui bahwa kecepatan akses internet merupakan banyaknya paket data yang diterima tiap satuan waktu. Banyaknya paket data dalam kommputer dinyatakan dengan satuan bit dan byte, sehingga satuan kecepatan akses internet dinyatakan dengan satuan bit per second (bps), second = detik bagi yang belum tau?? He...! Kadang-kadang juga dinyatakan dalam byte per second (Bps, B ditulis dengan huruf kapital).

Apakah yang dimaksud dengan bit dan byte?

Yaitu data-data yang berada dalam komputer yang berbentuk digital, dan terbentu dari angka-angka biner. Bilangan biner adalah bilangan yang hanya mengenal angka 0 dan 1 saja. Bit kependekan dari Binary digit, yaitu banyaknya angka dalam bilangan biner. Info lengkap mengenai tabel perbandingan sistem desimal dapat anda baca di Network LKS Kelas IX smt1.

Dapat disimpulkan bahwa
 

*Angka desimal 0 dan 1 terdiri dari 1 bit.

*Angka desimal 2 dan 3 terdiri dari 2 bit

*Anka desimal 4, 5, 6 dan 7 terdiri dari 3 bit.

*Angka desimal 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14 dan 15 terdiri dari 4 bit

Catatan
 “Sebenarnya saya tidak mengetahui tentang rumus tersebut” 

Jumlah data dalam komputer sering juga dinyatakan dalam byte dimana 1 byte = 8 bit

Sementara itu satuan kilo dan mega juga sering digunakan.

1 kb (kilo bit) = 1024 bit

1 Mb (Mega bit) = 1024 kb

Dalam satuan kecepatan akses internet juga berlaku rumus diatas. Brother juga sering melihat atau mendengar tentang bit di ponsel anda. Itu juga salah satu data yang dimiliki oleh ponsel anda. Dengan kapasitas memori yang ada, ponsel bisa menyimpan sesuai dengan kapasitas memori anda.
 

DI dalam ponsel juga sering dikenal dengan sebutan KB (kilo bit) yang menunjukkan data yang tersimpan di memori. Dalam handpone juga terdapat dua memori yaitu eksternal dan internal. Memori internal sudah berada dalam handpone tetapi memori eksternal berada di luar handpone. Misalkan slot micro sd card, MMC, Pro duo, dll.
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BAHAN AJAR GURU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger