Gaya kohesi, gaya adhesi, dan kapilaritas



Gaya tarikmenarik antarpartikel yang sejenis dinamakan kohesi, sedangkan gaya tarik-menarik antarpartikel yang tidak sejenis dinamakan adhesi.Gaya kohesi maupun gaya adhesi mempengaruhi bentuk permukaan zat cair dalam wadahnya. Misalkan ke dalam dua buah tabung reaksi masing-masing diisikan air dan raksa. Apa yang terjadi? Permukaan air dalam tabung reaksi berbentuk cekung disebut meniskus cekung, sedangkan permukaan raksa dalam tabung reaksi berbentuk cembung disebut meniskus cembung,
Meniskus cembung maupun meniskus cekung menyebabkan sudut kontak antara bidang wadah (tabung) dengan permukaan zat cair berbeda besarnya. Meniskus cembung menimbulkan sudut kontak tumpul (> 90o), sedangkan meniskus cekung menimbulkan sudut kontak lancip (<>o). Untuk mengamati peristiwa kohesi dan adhesi, lakukan kegiatan berikut ini.
Kapilaritas tergantung pada gaya kohesi dan adhesi. Air naik dalam pembuluh kaca karena gaya adhesi, sedangkan permukaan raksa nampak turun dalam pipa kapiler karena adanya gaya kohesi.
Gejala kapilaritas dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari di antaranya:
a. Naiknya minyak tanah pada sumbu lampu minyak.
b. Sifat menghisap cairan pada beberapa benda, misalnya: kain, kertas isap, dan lain-lain.
c. Naiknya air pada batang tumbuhan.
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BAHAN AJAR GURU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger