Susunan dan gerak partikel pada berbagai wujud zat


     Zat berdasarkan wujudnya ada tiga, yaitu padat, cair dan gas. masing- masing zat tersebut memiliki sifat yang berbeda, berikut sifat masing-masing zat.

A.     ZAT PADAT
Zat padat mempunyai sifat bentuk dan volume tetap. Bentuknya tetap dikarenakan partikel-partikel pada zat padat saling berdekatan, tersusun teratur dan mempunyai  gaya tarik antar  partikel  sangat kuat. Volumenya tetap dikarenakan partikel pada zat padat dapat bergerak dan berputar pada kedudukanya saja.

B.     ZAT CAIR
Zat cair mempunyai bentuk berubah dan volumenya tetap. Bentuknya berubah-ubah dikarenakan partikel pada zat cair berdekatan tetapi renggang, tersusun teratur , gaya tarik antar partikel agak lemah dan gerak partikelnya agak bebas. Volumenya tetap dikarenakan partikel pada zat cair mudah berpindah tetapi tidak dapat meninggalkan kelompoknya.

C.     ZAT GAS
Zat gas mempunyai sifat bentuk berubah-ubah dan volumenya juga berubah-ubah. Bentuknya berubah-ubah dikarenakan partikel pada zat gas berjauhan, tersusun tidak teratur , gaya tarik antar partikel sangat lemah. Volumenya berubah-ubah dikarenakan partikelzat gas dapat bergerak bebas meninggalkan kelompoknya.
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BAHAN AJAR GURU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger