Cara menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam pembelajaran mempunyai ketentuan sebagai berikut: 1)    Untuk mata pelajaran kelompok Normatif dan Adaptif, KKM ditentukan dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas kompetensi, dan kemampuan sumberdaya pendukung penyelenggaraan pembelajaran. Sebagai contoh:
a).  Tingkat kemampuan rata-rata peserta didik didiperoleh dari NEM (untuk kelas I) atau prestasi rata-rata tahun sebelumnya (untuk kelas II dan III).
  • Rata-rata tinggi, nilai        : 80 – 100, diberi skor: 3
  • Rata-rata sedang, nilai: 60 – 79, diberi skor: 2
  • Rata-rata rendah, nilai: < 60, diberi skor: 1
b).  Tingkat kompleksitas kompetensi, merupakan tingkat kesulitan untuk diajarkan
  • Kompleksitas rendah, diberi skor: 3
  • Kompleksitas sedang, diberi skor: 2
  • Kompleksitas tinggi, diberi skor: 1
c).   Sumberdaya pendukung pembelajaran, antara lain: ketersediaan SDM dan  fasilitas (alat & Bahan)
  • Dukungan tinggi, diberi skor: 3
  • Dukungan sedang, diberi skor: 2
  • Dukungan rendah, diberi skor: 1
KKM = {total skor (a+b+c)/maksimal skor (a+b+c)} x 100
Misal, a = 3, b = 2, dan c = 2;
maka KKM = {(3+2+2)/9} x 100
= {7/9} x 100
= 77,7
2)    Untuk mata pelajaran produktif, KKM ditentukan dengan batas paling rendah adalah nilai 60. masing-masing sekolah dapat menetapkan KKM masing-masing.
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BAHAN AJAR GURU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger