ASIA TENGGARA

 Asia Tenggara adalah sebuah kawasan di benua Asia bagian tenggara. Kawasan ini mencakup Indochina dan Semenanjung Malaya serta kepulauan di sekitarnya. Asia Tenggara berbatasan dengan Republik Rakyat Cina di sebelah utara, Samudra Pasifik di timur, Samudra Hindia di selatan, dan Samudra Hindia, Teluk Benggala, dan anak benua India di barat.
Asia Tenggara biasa dipilah dalam dua kelompok: Asia Tenggara Daratan (ATD) dan Asia Tenggara Maritim (ATM).
  • Negara-negara yang termasuk ke dalam ATD adalah
  1. Kamboja,          2.  Laos,                       3.  Myanmar              4.  Thailand                5.  Vietnam
  • Negara-negara yang termasuk ATM adalah
  1. Brunei,          2.  Filipina,            3.  Indonesia,       4.  Malaysia,        5.  Singapura,       6. Timor Leste
Malaysia, meskipun ada bagian yang tersambung ke benua Asia, biasa dimasukkan ke dalam ATM karena alasan budaya. Semua negara Asia Tenggara terhimpun ke dalam organisasi ASEAN. Timor Leste yang sebelumnya merupakan bagian dari Indonesia telah mengajukan diri menjadi anggota ASEAN walaupun oleh beberapa pihak, atas alasan politis, negara ini dimasukkan ke kawasan Pasifik.[1]
Secara geografis (dan juga secara historis) sebenarnya Taiwan dan pulau Hainan juga termasuk Asia Tenggara, sehingga diikutkan pula. Namun demikian, karena alasan politik Taiwan dan pulau Hainan lebih sering dimasukkan ke kawasan Asia Timur. Kepulauan Cocos dan Pulau Christmas, yang terletak di selatan Jawa, oleh beberapa pihak dimasukkan sebagai Asia Tenggara meskipun secara politik berada di bawah administrasi Australia. Sebaliknya, Pulau Papua dimasukkan sebagai Asia Tenggara secara politik meskipun secara geologi sudah tidak termasuk benua Asia.
Sejarah penamaan
Nama untuk kawasan ini pertama kali dipakai pada abad ke-20. Sebelumnya Asia Tenggara dikenal dengan nama India Belakang (jika dibandingkan dengan anak benua India). Subkawasan Asia Tenggara terdiri dari sebelas negara, beberapa di antaranya berada di daratan utama (mainland), yang juga dikenal sebagai Asia Tenggara Daratan (Indocina) dan sebagian lagi seluruhnya merupakan kepulauan (Asia Tenggara Maritim), yang dikenal dengan istilah beragam, seperti Kepulauan Selatan (Nan Yang, Cina dan Vietnam), Kepulauan Melayu (Malay Archipelago menurut A.R. Wallace), Malayunesia (Logan), Indonesia (Logan dan Adolf Bastian), Hindia Timur (Oost-Indie, Belanda), Malaysia, Insulinde (oleh orang Hindia Belanda di awal abad ke-20), atau Nusantara (oleh masyarakat Indonesia). Agak menarik bahwa Semenanjung Malaya biasanya dimasukkan dalam wilayah kepulauan meskipun masih tersambung dengan benua Asia.
Asia Tenggara
Asia Tenggara terletak pada pertemuan lempeng-lempeng geologi, dengan aktivitas kegempaan (seismik) dan gunung berapi (vulkanik) yang tinggi. Sementara ATD relatif stabil dan merupakan daratan tua, ATM sangatlah dinamik karena di sana bertemu dua lempeng benua besar: lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia, ditambah dengan lempeng Filipina yang lebih kecil. Tiga pulau besar di Indonesia: Sumatra, Jawa, dan Kalimantan baru terpisah dari benua Asia sekitar 10 ribu tahun yang lalu akibat naiknya muka air laut karena usainya Zaman Es terakhir. Pulau Papua secara geologi termasuk dalam benua Australia, yang juga terpisah karena peristiwa yang sama. Kedua lempeng besar itu bertemu pada busur cekungan yang memanjang ke selatan dari Teluk Benggala di barat Myanmar dan Thailand, terus menuju sisi barat Sumatra, lalu membelok ke timur membentuk Palung Jawa yang memanjang di selatan Jawa dan Kepulauan Nusa Tenggara. Akibatnya gempa bumi sering terjadi di daerah-daerah sekitarnya, seperti Gempa bumi Samudra Hindia 2004. Desakan lempeng Indo-Australia mengangkat permukaan pulau-pulau yang ada di dekatnya, sehingga terbentuklah deretan gunung berapi aktif. Pulau Jawa adalah pulau dengan cacah gunung berapi terbanyak di dunia. Gunung Kerinci adalah gunung berapi tertinggi di Asia Tenggara. Di sebelah timur Filipina terdapat pula Palung Mindanao dan Palung Mariana yang merupakan pertemuan antara lempeng Filipina dan lempeng Pasifik. Di Filipina juga terdapat aktivitas kegunungapian yang tinggi.
Puncak tertinggi yang berada di Gunung Kinabalu (4.101 m; Kalimantan) dan Puncak Jaya di Pulau Papua, Indonesia (5.030 m).
Terdapat beberapa klaim dan perebutan wilayah dan batas perairan di kawasan ini, yang melibatkan negara-negara di kawasan ini maupun yang melibatkan negara di luar Asia Tenggara (terutama Tiongkok dan Taiwan dalam kasus Kepulauan Spratly).
Geografi Asia Tenggara
Geografi Asia Tenggara dapat dikategorikan menjadi dua bagian, daratan dan kepulauan. Negara-negara yang berada di daratan termasuk Myanmar, Kamboja, Laos, Thailand, dan Vietnam. Sedangkan negara-negara yang berada di kepulauan termasuk Brunei, Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Singapura.
Sejarah
Dengan ditemukannya Homo floresiensis di Pulau Flores pada 2003 menandakan bahwa daerah kepulauan Asia Tenggara ini paling tidak telah ditinggali oleh manusia sejak 18.000 tahun lalu, dengan perkiraan terjauh sampai 94.000 tahun yang lalu. Sejarah Asia Tenggara sebelum zaman kerajaan tidak diketahui banyak. Beberapa kerajaan berawal di daratannya, yang sekarang Burma, Kamboja, dan Vietnam.
Kerajaan pertama yang berkembang di kepulauan Asia Tenggara adalah Sriwijaya. Dari sejak abad ke-5 ibu kota Sriwijaya, Palembang, merupakan pelabuhan utama antara India dan Cina. Dan kemudian diikuti oleh Majapahit, Sailendra, dan Mataram. Pedagang Muslim mulai memasuki daerah ini pada abad ke-12. Pasai merupakan kesultanan pertama.
Karena kondisi geografis yang berdekatan dengan India dan Cina, kawasan ini banyak terpengaruh oleh kebudayaan India dan China. Selat Malaka merupakan jalur perdagangan yang ramai sejak berabad-abad lalu dan masih bertahan hingga sekarang.
Ekonomi
Kebanyakan ekonomi negara-negara di Asia Tenggara masih digolongkan kepada negara berkembang, hanya Singapura yang digolongkan ke dalam negara maju.
Ekonomi kawasan Asia Tenggara masih banyak tergantung pada hasil alam, dengan pengecualian Singapura. Dengan pembentukan kawasan perdagangan bebas Asia Tenggara oleh negara-negara ASEAN diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di kawasan ini.
Penduduk asli Asia Tenggara terdiri dari berbagai macam suku yang jumlahnya sangat banyak.
 Agama
Agama yang dianut oleh penduduk Asia Tenggara sangat beragam dan tersebar di seluruh wilayah. Agama Buddha menjadi mayoritas di Thailand, Myanmar, dan Laos serta Vietnam dan Kamboja. Agama Islam dianut oleh mayoritas penduduk di Indonesia, Malaysia, dan Brunei dengan Indonesia menjadi negara dengan penganut Islam terbanyak di dunia. Agama Kristen menjadi mayoritas di Filipina. Di Singapura, agama dengan pemeluk terbanyak adalah agama yang dianut oleh orang Tionghoa seperti Buddha, Taoisme, dan Konfusianisme.
Walau begitu, di beberapa daerah, ada kantong-kantong pemeluk agama yang bukan mayoritas seperti Hindu di Bali dan Kristen di Maluku dan Papua atau Islam di Thailand dan Filipina bagian selatan.
Garis khayal Wallace yang memisahkan fauna Australasia dengan Asia Tenggara.
Flora dan Fauna
Beraneka ragam hewan hidup di Asia Tenggara; di pulau Kalimantan, dapat ditemukan orangutan, Gajah Asia, Badak Sumatra dan Macan Dahan (Neofelis nebulosa diardi). Binturong dapat ditemukan di pulau Palawan.
Kerbau, baik yang dipelihara maupun yang liar, tersebar di sepanjang Asia Tenggara, sedangkan kancil dapat ditemukan di Sumatra dan Kalimantan. Kancil sendiri merupakan hewan yang sering muncul dalam cerita-cerita rakyat di Indonesia dan banyak dikenal anak-anak.
Burung-burung yang cantik seperti burung merak dan srigunting (drongo) hidup di subkawasan Asia ini hingga sejauh sebelah timur Indonesia. Babirusa (babi dengan empat gading), anoa, dan komodo juga terdapat di Indonesia. Burung Enggang banyak dicari untuk paruhnya dan diperdagangkan ke Tiongkok. Tanduk badak juga turut diperdagangkan.
Kepulauan Indonesia dipisahkan Garis Wallace. Garis ini berada di sepanjang sebuah perbatasan lempeng tektonik, dan memisahkan spesies Asia (Barat) dari spesies Australasia (Timur). Pulau-pulau antara Jawa/Kalimantan dan Papua yang membentuk kawasan campuran di mana kedua spesies ada dinamakan Wallacea.
Perairan dangkal di terumbu karang (coral reef) di Asia Tenggara mempunyai tingkat biodiversitas tertinggi untuk ekosistem laut di dunia, di mana ikan-ikan dan moluska banyak dijumpai. Ikan hiu paus (rhincodon typus) juga hidup di Laut China Selatan.
Pepohonan dan tanaman lainnya di kawasan ini adalah tumbuhan tropis; di beberapa negara di mana terdapat gunung-gunung yang cukup tinggi, tanaman bersuhu menengah dapat ditemukan. Wilayah-wilayah hutan hujan (rainforest) ini saat ini banyak mengalami penebangan liar, khususnya di Kalimantan.
Meskipun Asia Tenggara kaya akan flora dan fauna, kawasan ini menghadapi penebangan hutan yang berat, sehingga mengakibatkan hilangnya habitat berbagai spesies terancam seperti orangutan dan Macan Sumatra. Pada saat yang sama, kabut asap juga merupakan peristiwa yang lazim. Kabut asap terburuk yang pernah terjadi berlangsung pada tahun 1998 di mana beberapa negara diselimuti kabut yang tebal. Menghadapi masalah ini, beberapa negara di Asia Tenggara menandatangani Persetujuan ASEAN mengenai Polusi Kabut Asap Transperbatasan (ASEAN Agreement on Transboundary Haze Pollution) untuk melawan polusi yang diakibatkan kabut asap
NEGARA NEGARA ASIA TENGGARA
INDONESIA
  1. Negara Zamrud Katulistiwa
  2. Penduduk terpadat di asteng dg 249 jt jiwa
  3. Memiliki Borobudur sbg keajaiban dunia
  4. Terdapat hewan langka spt badak bercula satu, cendrawasih, merak & anoa.
  5. Memiliki paling banyak gunung berapi spt krakatau, merapi, kelud, rinjani dsb..
  6. Bentuk negara Republik, dg KN & KP dijabat presiden.
  7. Mempunyai danau terbesar di asteng yakni Danau Toba di Sumut.
  8. Memiliki sungai2 panjang spt Kapuas, Mahakam, barito, (kalimantan) & musi,
MALASYIA
  1. Sebutan : Negeri Jiran. Bentuk Negara Monarchi Konstitusional dg KN = Yang Dipertuang Agung & KP = PM   Mata Uang = ringgit.
  2. Puncak tertinggi di Malaysia (dan juga di Kalimantan) yaitu Gunung Kinabalu setinggi 4.095,2 meter di Sabah.
  3. Salah satu pengekspor terbesar karet alam dan minyak sawit.
  4. Pernah menjadi penghasil timah terbesar di dunia hingga runtuhnya pasar timah di permulaan tahun 1980-an
  5. Penduduk Malaysia terdiri dari berbagai kelompok suku, dengan Suku Melayu sejumlah 50,4%  dg  mayoritas penduduknya adalah islam.
  6. Pertumbuhan cepat ekonomi dan kemakmuran Malaysia dicirikan oleh Menara Petronas,  kantor pusat raksasa minyak nasional
SINGAPURA
  1. Bentuk negara : Republik Parlementer dg KN = Presiden & KP = PM.
  2. Merdeka Tgl 31 agustus 1963 & bergabung dg malasyia 16 september 1963 &  berpisah tgl 9 agustus 1965.
  3. Negara paling maju di Asteng dg pendapatan tertinggi.
  4. Jumlah penduduk  5 jt. Mata uang = Dollar singapura. Mayoritas : cina & Budha
  5. Singapura terdiri dari 63 pulau, termasuk daratan Singapura. Pulau utama sering disebut Pulau Singapura tetapi secara resmi disebut Pulau Ujong.
  6. Terdapat dua jembatan buatan menuju Johor, Malaysia Johor–Singapore Causeway di utara, dan Tuas Second Link di barat. Pulau Jurong, Pulau Tekong Pulau Ubin dan Pulau Sentosa adalah yang terbesar. Titik alami tertinggi adalah Bukit Timah Hill dengan tinggi 166 m (545 kaki)
  7. Singapura memiliki banyak proyek reklamasi tanah dengan tanah diperoleh dari bukit, dasar laut, dan negara tetangga. Hasilnya, daratan Singapura meluas.
  8. Sektor Industri, Jasa & pariswisata adalah sektor utama pertumbuhan ekonomi
  9. Memiliki bandar udara Changi yg sangat modern
THAILAND
  1. Sebutan : Negeri Gajah Putih, Siam, mata uang = Bath
  2. Bentuk negara Kerajaan dg KN = Raja & KP = PM
  3. Bentangan alam : Di sebelah utara, keadaannya bergunung-gunung, dan titik tertingginya berada di Doi Inthanon (2.576 m). Sebelah timur laut terdiri dari Hamparan Khorat. yang dibatasi di timur oleh sungai Mekong Wilayah tengah negara didominasi lembah sungai Chao Phraya yang hampir seluruhnya datar, dan mengalir ke Teluk Thailand. Di sebelah selatan terdapat Tanah Genting Kra yg berpotensi mjd sebuah TERUSAN.
  4. Tdpt Seni beladiri Muaythai (kic boxing)  & Pantai Puket
  5. Sekitar 95% penduduk Kerajaan Thai adalah pemeluk agama Buddha aliran Theravada. Jumlah penduduk  64.700.000 jiwa
  6. Kota penting : Bangkok, Chiang Mai, Chiang ray,
  7. Memiliki Pagoda/kuil2 Budha yg berusia tua
PHILIPINA
  1. Bentuk  Negara Republik, KN & KP = Presiden.  Mata uang = Peso. Bhs  ibu : Tagalog.. Jumlah penduduk = 93 juta jiwa (no.12 di dunia)
  2. Merupakan negara kepulauan yg  terdiri dari 7.107 pulau., dg 2 pulau besar yakni Pulau Luzon (trdpt ibukota) & Pulau Mindanau di selatan.
  3. Filipina bersengketa dengan Republik Cina (Taiwan), Republik Rakyat Cina, Vietnam, dan Malaysia  atas minyak dan gas alam di Kepulauan Spratly  dan Scarborough Shoa.
  4. Kota terbesar = Quezon., Manila, Cebu, Davao, Zamboanga,
  5. Penduduk asli Filipina ialah suku Aeta..
  6. Penduduk Filipina mayoritas beragama Katolik  80%, hal ini disebabkan bekas jajahan Spanyol sedangkan  5 % nya adlh islam di P. Mindano
  7. Bahay Kubo  merupakan rumah tradisional yang terkenal di Filipina, yang dibuat dari daun kelapa, nipah, dan bambu. Terdapat tanglung berbentuk binatang  yang digantung di hadapan rumah tradisional yang bernama Parol.
  8. Halo halo merupakan salah satu pencuci mulut yang terkenal di Filipina, terutama pada musim panas
  9. Memiliki banyak gunung berapi yg aktif spt  G. Mayon. G Pinatubo, dsb,
  10. Pakaian adat yg dignakan adalah Barong Tagalog.
BRUNEI DARUSSALAM
  1. Btk Negara Monarchi absolut Islam dg KN & KP = Raja/ Sultan,  Mt uang = dollar Brunei..
  2. Kepala negara sekarang = Sultan Hassanal Bolkiah.
  3. Brunei Darussalam adalah sebuah negara kecil yang terletak di Asia Tenggara. Letaknya di bagian utara Pulau Borneo/Kalimantan
  4. Brunei dibagi atas empat distrik  : Belait, Brunei dan Muara, Temburong, Tutong
  5. Brunei terdiri dari dua bagian yang tidak berkaitan; 97% dari jumlah penduduknya tinggal di bagian barat yang lebih besar, dengan hanya kira-kira 10.000 orang tinggal di daerah Temburong.
  6. Minyak bumi & gas alam adalah sumber utama pendaptan brunei.
  7. Merupakan negara kaya & paling sedikit jumlah penduduknya di Asia tenggara dg populasi penduduk sekitar 400 – 500 ribu jiwa.
  8. Mayoritas penduduknya adalah etnis melayu, agama resmi = Islam.
  9. Merdeka dr tgn Inggris tgl 1 januari 1984.
MYANMAR
  1. Btk negara Republik dg KN & KP = Presiden.
  2. Ibukota = Yangoon tp tgl 7-11-2005 pindah ke Naypyidaw
  3. Tokoh yg mndpt Nobel Perdamaian = Aung San Suu Kyi
  4. Merdeka 4 januari 1948  dg  nama Birma kemdian berubah nama menjadi Myanmar dilakukan oleh pemerintahan junta militer pada tanggal 18 Juni 1989
  5. Myanmar dibagi menjadi tujuh negara bagian (pyine) dan tujuh region, yang sebelum Oktober 2010 disebut “divisi” (yin). Wilayah tsb kebanyakan dihuni oleh etnis Bamar/birma.
  6. Myanmar  merupakan negara Astengg yg tertutup.  Pemerintahan di kuasai oleh junta Militer.
  7. Pemilu 1990 dimenangkan oleh Aung San Suu Kyi, tp digagalkan oleh penguasa militer..
  8. Terdapat sungai panjang di Asia Tenggara = S.Irawadi
VIETNAM
  1. Bentuk Negara = Republik Sosialis (Komunis) dg KN = Presiden & KP = PM.
  2. Merdeka dr Perancis. Pernah tjd Perang Vietnam 1973 antara USA dg Vietnam dg bantuan Uni Soviet & Cina.
  3. Jumlah penduduk 86 juta jiwa. Mayoritas dr etnis Viet/Kihn
  4. Dulu beribukota di Hanoi, kemudian pindah ke Ho chi minh city (Saigon) smpai sekarang.
  5. Pakaian adat wanita yg terkenal bernama Ao Dai.
  6. Bentangan alam meliputi daerah perbukitan, Delta Mekong (daerah tersubur)  dan dataran rendah.
  7. Teluk Ha Long = daerah wisata yg terkenal & merupakan warisan dunia.
  8. Vietnam secara umum masih tergolong negara miskin dengan GDP US$280,2 miliar (estimasi 2006).
  9. Mrpk produsen kacang cashew terbesar dengan pangsa 1/3 kebutuhan dunia dan eksportir beras ke 2 terbesar di dunia setelah Thailand.
  10. Mata uang = Dong…  & Terdpt  Delta Mekong yg sangat subur.
KAMBOJA
  1. Bentuk Negara Monarchi Konstitusional Demokratik, dg KN = Raja & KP = PM. Mata Uang Riel.
  2. Kenampakan geografis yang menarik di Kamboja ialah adanya dataran lacustrine yang terbentuk akibat banjir di Tonle Sap. Gunung tertinggi di Kamboja adalah Gunung Phnom Aoral yang berketinggian sekitar 1.813 mdpl.
  3. Sektor pertanian, tekstil mrpkan penopang ekonomi utama kamboja.
  4. Budaya di Kamboja sangatlah dipengaruhi oleh agama Buddha Theravada. Diantaranya dengan dibangunnya Angkor Wat. Kamboja juga memiliki atraksi budaya yang lain, seperti, Festival Bonn OmTeuk, yaitu festival balap perahu nasional yang diadakan setiap November.
  5. Kerajaan Kamboja merupakan penerus Kekaisaran Khmer yang pernah menguasai seluruh Semenanjung Indochina  antara abad ke-11 & 14.
  6. Th 1975 Kamboja berbentuk Republik Demokratik (komunis) yg di pimpin oleh Pol Pot dari Khmer Merah.
  7. Pernah tjd perang saudara antra Khmer Merah dg  kelompok Jendral Lon Nol
  8. Merupakan salah satu negara miskin di Astenggara.
  9. Terdpt  Danau Tonle Sap yg memiliki peranan penting
LAOS
  1. Bentk Negara Republik Komunis. KN = Presiden, KP = PM
  2. Negara ini disebut Lan Xang atau “Negeri Seribu Gajah”.
  3. Satu-satunya partai politik yang diakui di Laos adalah Partai Revolusioner Rakyat Laos (LPRP).
  4. Laos adalah negara yang terhimpit oleh daratan di Asia Tenggara dan diselimuti hutan lebat yang kebanyakan bergunung”, di mana salah satunya yang tertinggi adalah Phou Bia dengan ketinggian 2.817 m.
  5. Satu satunya negara di Asia Tenggara yg tdk memiliki laut.
  6. Alat musik nasionalnya, disebut khaen (sejenis pipa bambu).
  7. Salah satu bukti penting dari kebudayaan Laos kuno terdapat di Dataran Guci.
  8. kota terbesar di Laos adalah Vientiane, kota-kota besar lain meliputi Luang Prabang, Savannakhet, dan Pakse
  9. Sejumlah spesies binatang baru telah ditemukan atau ditemukan kembali di Laos beberapa tahun terakhir. Termasuk di dalamnya kelinci Annam, saola, dan yang terbaru adalah tikus batu Laos atau kha-nyou.
  10. Pertumbuhan ekonomi bertumpu pd sektor pertanian.
TIMOR LESTE
  1. Republik Demokratik Timor Leste (juga disebut Timor Lorosa’e), yang sebelum merdeka bernama Timor Timur. KN = Presiden & KP = PM.
  2. Timor Leste dulu adalah salah satu provinsi di Indonesia, Timor Leste secara resmi merdeka pada tanggal 20 Mei 2002. Sebelumnya bernama Provinsi Timor Timur. Mata uang adalah Dollar.
  3. Timor Leste mengharapkan bisa mengeksploitasikan minyak bumi di Celah Timor (Timor Gap),
  4. Walaupun telah merdeka, Timor Leste masih sangat tergantung dengan pasokan barang-barang dari Indonesia mulai dari sembako sampai bahan bakar minyak (BBM) terutama melalui provinsi Nusa Tenggara Timur.
  5. Timor Leste merupakan campuran antara suku bangsa Melayu dan Afrika, sebagian kecil keturunan Portugis. Mayoritas penduduk Timor Leste beragama Katolik (93%)
  6. Bhs Indonesia masih digunakan dikalangan pendidikan khususnya tingkat SLTA.      (wikipedia)
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BAHAN AJAR GURU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger